Pengertian, jenis, fungsi arduino dan cara mempelajarinya

 Halo guys.. apakah kamu mahasiswa IT ? atau kamu orang yang tertarik dengan Tekhnologi ? atau sekedar hobi dengan tekhnologi ? ini nih ada alat yang wajib kamu coba. Arduino, yah siapa yang tidak tahu arduino ? para pecinta elktro khusunya robotik pasti tahu dong Arduino,
Apa itu Arduino ?

Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.
pemrograman yang digunakan untuk memprogram arduino adalah bahasa C. kalo belum tahu apa itu bahasa C, klik disini.


Macam - macam Arduino ?
banyak orang menyangka arduino hanyalah terbatas pada arduino Uno dan arduino nano saja, karena kedua jenis itu yang paling sering digunakan. ternyata ada banyak jenis arduino, diantaranya :
  1. Arduino Uno
  2. Arduino Duemilanove
  3. Arduno Leonardo
  4. Arduino Mega2560
  5. Arduino Pro Mini
  6. Arduino Nano
  7. Arduino Mega ADK
  8. Arduino Lilypad
untuk mengetahui rincian jenis - jenis tersebut, klik disini.
selain dari arduino yang disebutkan diatas, masih banyak lagi jenis arduino lainnya seperti arduino esplora, intel galile dan lain - lain. tetapi hanya 8 jenis diatas lah yang sering digunakan. 

apa kegunaan alat ini ?
seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan IT telah sampai pada tingkat yang sangat tinggi. baru beberapa tahun lalu manusia mengirim pesan kepada orang lain menggunakan surat, tak lama kemudian menggunakan sms, dan sekarang informasi dikirim lewat tehnologi digital dengan sangat cepat dan murah. sampai saat ini, tekhnologi yang sedang terkenal adalah IoT (Internet of Thing). bagi kamu yang belum tahu IoT, silahkan klik disini
siapa sangka, dengan Arduino, kita bisa membuat IoT sendiri bahkan dapat dirangkai sedemikian rupa. bukan hanya terbatas pada IoT, arduino dapat diigunakan pada seluruh kebutuhan lainnya sesuai dengan kreatifitas anda.

Bagaimana cara mempelajarinya ?
Arduino merupakan alat yang open source sehingga terbuka untuk dipelajari oleh semua orang. orang lain boleh mempellajari atau mengebangkannya secara gratis, bahkan banyak situs yang menyediakan layanan belajaar arduino secara gratis mulaii dari kodingannya, skema dampai contoh proyeknya.
dan berikut adalah salah satu web penyedia layanan belajar Arduino gratis lengkap dengan kodingan dan contoh proyeknya. www.sunfounder.com 
  
apa yang bisa dibuat dengan arduino ?  hal itu tergantung pada kreatifitas anda sebagai developer, tersedia banya modul untuk melengkapi arduino ini milai dari modul sendor, modul motor, LED, layar LCD dann banyak lagi. gunakan kreatifitas untuk mengembangkannya sehingga. arduino, mudah, murah dan tentunya mempunyai banyak kegunaan.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis - jenis arduino

Internet of Thing, Tekhnologi masa depan